Sabtu, 24 Maret 2012

Sehatnya Buah dan Sayuran Berwarna Kuning

Ghiboo.com - Warna pada buah-buahan dan sayuran memang berbeda. Warna dari setiap jenis buah dan sayuran mengisyarakatkan bahwa makanan tersebut memiliki kandungan dan manfaat tersendiri yang membedakan dengan buah dan sayuran lain.

Buah dan sayuran berwarna kuning memang banyak dikonsumsi. Termasuk jeruk, mangga, belimbing, paprika kuning, jagung dan labu. Berikut ini beberapa manfaat buah dan sayuran berwarna kuning bagi kesehatan, yang amat rugi jika Anda acuhkan.

1. Warna kuning dalam buah dan sayuran menandakan bahwa makanan tersebut mengandung beta-karoten. Senyawa ini memberikan manfaat untuk mata yang sehat, otot dan paru-paru yang baik. Bagi pekerja kantoran yang setiap hari menatap layar terus menerus, beta karoten dalam jeruk atau lemon membantu menjaga mata kita tetap sehat.

2. Buah dan sayur berwarna kuning juga mengandung zeaxanthin, flavonoid dan lycopene yang tidak dimiliki semua jenis buah dan sayuran. Flavonoid merupakan bahan kimia yang ditemukan dalam sayuran dan buah berwarna kuning yang bertugas sebagai anti inflamasi. Jadi, ketika Anda alergi, cobalah konsumsi buah atau sayur berwarna kuning. Lebih penting lagi, flavonoid membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

3. Buah berwarna kuning, seperti nanas dan belimbing, ternyata kaya akan kalium. Buah-buahan ini juga kaya akan vitamin C yang melindungi sel tubuh, sehingga kondisi tubuh tetap terjaga.

4. Pria berisiko besar mengalami kanker prostat. Penelitian membuktikan bahwa makanan berwarna kuning membantu mengurangi kemungkinan risiko kanker prostat secara substansial.

5. Bagi wanita yang selalu ingin tampil awet muda, cobalah untuk kombinasikan nutrisi dalam buah dan sayuran berwarna kuning yang membantu memperlambat degenerasi otot karena pertambahan usia dan membuat Anda tetap fit menjalani rutinitas.

6. Kalsium memang jarang ditemukan dalam buah, namun magnesium dalam buah berwarna kuning, seperti pisang, membantu tulang kita tetap kuat dan sehat, serta memfasilitasi pembentukan kolagen untuk kesehatan sendi. Jadi, jika Anda tak ingin kehilangan fleksibilitas tubuh terlalu cepat, maka konsumsilah buah dan sayur berwarna kuning.


(Berbagai Sumber)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pertamax

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India